Aktivitas Thailand Vs BRN Terhadap Status Pandemik Covid-19

Turanusia.com – Angkatan bersenjata di dunia telah menyatakan untuk berhenti di masa peningkatan penularan wabah corona. Selaras dengan pernyataan PBB yang meminta agar seluruh gerakan militan yang ada di dunia tidak melakukan keganasan selama status Pandemik ini.

Pernyataan gencatan senjata tidak hanya berlaku di Timur Tengah saja, di Asia juga ikut menghormati pernyataan PBB. Seperti gerakan Barisan Revolusi Nasional BRN yang beroperasi di Thailand Selatan selama 60 tahun berakhir hingga sekarang. 

BRN mengeluarkan deklarasi melalui akun youtube Departement Information pada 26 Maret 2020. berdurasi 4,17 menit. Dalam pernyataan tersebut, berisi pesan untuk rakyat Patani bersatu dalam menanggulangi wabah Conona yang menular ke seantero dunia. 

Dalam pernyataan tersebut, nampaknya BRN mendahulukan kepentingan rakyat Patani yang begitu kesulitan dalam menghadapi penyebaran virus dan BRN juga bersedia untuk menjeda aktivitas operasi serangan sesuai tuntutan dalam masa pandemik covid-19.

Sebelumnya pada 21 Maret 2020. Lembaga Patani Raya untuk kemanusiaan dan pembangunan atau dikenal dengan sebutan LEMPAR. Lembaga ini melakukan tuntutan agar kedua pihak yang berkonflik antara Thailand dan BRN segera melakukan gencatan senjata selama jangka waktu yang tidak ditentukan sehingga keadaan pulih kembali.

Tuntutan rakyat untuk kedua aktor utama yang mengendalikan konflik di Thailand Selatan, tidak hanya dilakukan LEMPAR, bahkan beberapa NGO juga serentak mengeluarkan pernyataan untuk keduanya menghormati situasi krisis kemanusiaan ini.

Situasi krisis ini, dihadapi rakyat dengan kesatuan dan kebersamaan guna mengurangi kelaparan selama pemberlakuan lockdown oleh pemerintah. Hal ini dirancang beberapa kampung percontohan di Patani, dengan menerapkan konsep berdikari.

Selama keadaan lockdown ini, ternyata pemerintah Thailand masih melakukan pengepungan menangkap warga Patani yang menduga memiliki paham Nasionalisme Islam Patani. Sementara masyarakat khawatir terhadap dampak yang akan dibalas pihak BRN.

Pengepungan Thailand atas warga Patani sudah di lakukan beberapa kali selama status Pandemik ini. Namun sebaliknya belum ada indikasi jelas bahwa BRN akan membalas dengan tindakan kekerasan dalam situasi ini. atau mungkin saja tindakan Thailand saat ini merupakan perangkap yang disusun BRN. */Putra Patani

Comments

Red : Faizun Ibnihusen

Aktivis Indonesia (APPI)

Leave a Reply

id Bahasa Indonesia
X