Bandung Gelar Konsolidasi Mahasiswa Patani

Turanisia – Mahasiswa rantau mengadakan konsolidasi menyambung tali persaudaraan sesama mahasiswa asal Patani, Thailand selatan, di Bandung. (08/06/19).

Konsolidasi mahasiswa Patani merupakan program tahunan yang disepakati kongres Persatuan Mahasiswa Islam Patani (selatan Thailand) di Indonesia, singkatnya PMIPTI.

Riduwan, Ketua Umum PMIPTI mengatakan, lebih 130 perserta dihadiri dari berbagai delegasi seperti Jakarta, Jember, Purwokerto, Malang dan Sukabumi partisipasi menyukseskan acara yang terlaksana dua hari di UIN SGD Bandung.

Kegiatan diselenggarakan melalui “SUKAN WARNA” tersedia agenda berbagai perlombaan di siang hari dan penampilan kesenian budaya pada malam hari dengan mengangkat tema “melalui sukan warna, kita mengangkatkan solidaritas dan mengembangkan potensi anggota PMIPTI”

Perlombaan kali ini bukan meraih kemenangan semata, hanya bermain sambil menghibur sesama mahasiswa Patani pada pekan lebaran.

“walau perlombaan kalah atau menang, kita tetap saudara”. Ujar Nadiyah, mahasiswa semester 2 dari IAIN Purwokerto.

Foto wawancara Nadiyah (kiri) mahasiswa IAIN Purwokerto dan Nurma (kanan) STKIP Darussalam Cilacap.

Sementara pertemuan kali ini juga diharapkan dapat mempererat persatuan sesama mahasiswa Patani.

“Saya berharap acara ini dapat mengantarkan perkenalan semakin dekat dan erat sesama kita” kata Nurma, kader IMPI, Ikatan Mahasiswa Patani di Indonesia.

Foto wawancara Insof, mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Harapan dari Himpunan Pelajar Patani di Indonesia (HIPPI) yang beroperasi di Jakarta, acara ini ada baiknya jika selaras dengan tanah air.

“Jika melihat di Patani sendiri, momentum lebaran juga sudah muncul kesadaran dari kalang anak muda untuk bersatu, seperti pertemuan anak muda di Masjid Kruese, maka disini juga sama, kegiatan harus selaras. Pungkas Insof, mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. */Putra Patani.

 

Comments

Red : Faizun Ibnihusen

Aktivis Indonesia (APPI)