Dukungan Rakyat tehadap Pejuangan BRN di Patani

Patani – Upaya Thailand dalam meminimalisir pemikiran nasionalisme Islam Patani tidak pernah berhasil, contohnya, apabila terjadi keguguran dalam pertempuran antara Thailand dan angkatan bersenjata BRN. 

 

Rakyat Patani dengan lapang dada menyambut angkatan bersenjata BRN sebagai Pahlawan, sementara aparatur pemerintah yang meninggal dalam pertempuran, tidak pernah mendapat sambutan positif bagi rakyat Patani.

 

Angkatan bersenjata BRN atau RKK dilebel sebagai pemberontak oleh Thailand selama ini. Dalam waktu yang sama, mereka diberi penghargaan oleh rakyat yang datang bebondong-bondong saat diurus mengebumian jenazah. Sudah tentu masing masing pihak mempunyai istilah tersendiri untuk menyebut lawannya.

 

Fenomena penghargaan rakyat kepada perjuangan BRN seperti ini, jarang terungkap di media utama Thailand. Penerapan ideologi cinta kepada raja dan nasionalisme Thailand hanya mampu mendominasi dunia maya. Realitasnya, nasionalisme Islam Patani masih utuh dan siap melakukan revolusi bila-bila masa saja. */Sabiluddin

Red : Faizun Ibnihusen

Aktivis Indonesia (APPI)