Harapan Perjuangan Bangsa Melayu Patani

Hari Depan Kejayaan Perjuangan

Umat muslim Melayu Patani Darussalam, sebagai mana umat bangsa lain, bahwa hidup ini merupakan perkembangan. Telah disadari pula bahwa perkembangan itu, antaranya meliputi: 

1) Ada masa muda dan masa tua, 

2) Ada masalah baik dan masalah buruk,

3) Ada balasan Allah yang baik dan buruk. 

Ketiga perlawanan dalam hidup itu, ia pasti terjadi dengan tanpa rancang. Namun semua umat suatu bangsa mengingingkan apa yang diistilahkan “YANG TERBAIK”. Itulah tujuan umum daripada setiap PERJUANGAN. 

 

Harapan dari Perjuangan Bangsa Patani

Secara demografis, bangsa Melayu Patani Darussalam 90% beragama Islam. Secara geopolitik wilayah Patani hanya memerlukan kebaikan moral Thailand di selatan (perbatasan Songkhla). Sedangkan berdasarkan geostrategis ekonomi tanah Patani subur dan kaya sumber daya alam. 

 

Melihat kepada aspek kenyataan wujud Patani Darussalam itu, maka umat bangsa Melayu Patani wajib memiliki kekuasaan, tujuanya adalah: 

  1. Wajib umat Islam Bangsa Melayu Patani yang jumlahnya 90% itu melaksanakan Syariat Islam, dengan tanpa alasan, demi balasan kebaikan dari Allah, juga ada kebaikan bagi ahlizzimmi, musta’zin dan lainnya.

 

  1. Wajib bagi muslim Melayu Patani mentadbirkan bumi wilayah Patani Darussalam, demi berdaulat dalam politik ummatun wahidah/penyatuan nilai-nilai hidup hasanah/baik, bahagia, sejahtera dan aman sentisa dengan moral beradab, adat keperibadian muslim Melayu mu’min, serta terselamat dari cengkeram dan penindasan penjajahan.
  1. Wajib bagi muslim Melayu Patani mentadbirkan kekayaan bumi, laut dan udara Patani Darussalam, demi melaksanakan amanah Allah Ta’ala sebagai Khalifatu alardh, merencana pembiayaan kehidupan bangsa Patani dalam pelbagai aspek, seperti zakat, haji, pendidikan rendah-tinggi, rumah sakit, rumah ibadat, rumah adat, anak yatim, orang musibah, hari tua dan banyak lagi. Patani Darussalam akan memiliki aset kekayaan seperti Beruenai Daruslam juga.

 

  1. Wajib bagi pemerintahan Patani menjaga keamanan dan keselamatan nasib bangsa Melayu Patani dari segala kejahatan, seperti pencurian, mabuk, penyamun, keganasan kejam-zolim, pedagang haram, dadah, pedagang manusia dan keamanan lainnya. Negara jiran adalah penolongnya. 

Dari segala gambaran kebaikan dalam hidup umat muslim Melayu Patani itu, harus menjadi suatu harapan dan cita-cita pemuda- pemudi, cendekiawan, intelektual dan segenap lapisan masyarakat Melayu Patani, serta para tokoh ulama, tokoh masyarakat dan tokoh politik.

 

Inilah segala gerak perjuangan kita semua, baik di gunung-hutan belantara, di bandar raya wilayah Patani Darussalam, di luar negeri, di bangku pelajaran dan di segenap jajaran kehidupan bermasyarakat, bernegara dan bersosial internasional. 

Lebih baik kita hidup dalam perjuangan dibanding kita hidup menunggu barmacam fitnah. Perjuangan kita hanya bertolak atas amanah Ilahi dan amanah penderitaan bangsa Patani terjajah.*/PKM

Comments

Red : Faizun Ibnihusen

Aktivis Indonesia (APPI)

id Bahasa Indonesia