Indikasi Peristiwa Ledakan Motor di Pasar Ramadhan

Turanisia.com – Ledakan kembali terjadi di akhir Ramadhan sekitar pasar Bhotong daerah Nongchik provinsi Patani, Selatan Thailand, 27/05/19.

Bom rekayasa ini dipercaya terpasang dalam sebuah kendaraan roda dua dan diletakan di sekitar pasar ramadan untuk menjangkau mangsa lebih banyak.

Kejadian ini mengakibatkan 21 orang terluka diantaranya 4 orang dari aparat keamanan Thailand dan 2 lain terkorban, salah satu antaranya adalah bocah laki laki berusia 14 tahun.

Usai kejadian, tidak sedikit laporan media menyudutkan tindakan ini dari gerakan militan Patani yang dikenali dengan Barisan Revolusi Nasional atau singkatan BRN.

Namun kontroversi muncul keragaman pendapat di layar media sossial, seperti mana bisa kami kutip.

Jika angkatan bersenjata BRN melakukan, sama dengan mendiskredit gerakan mereka sendiri dan akan semakin hilang dukungan dari rakyatnya, karena titik kejadian merupakan pusat belanja bagi rakyat awam pada sore hari di bulan Ramadhan.

Namun demikian tak sedikit dari netizen berpendapat bahwa peristiwa ini dilakukan oleh oknum tertentu, kemungkinan besar dibentuk secara rahsia untuk mengotori BRN dan berharap kejadian ini akan diolah menjadi bahan propaganda mengubah pemikiran rakyat Patani yang selama ini memberi dukungan kepada BRN.

Seiring perjalanan waktu, rakyat Patani akan semakin cerdas dan matang dalam memilah kejadian, apakah hasil dari tindakan angkatan bersenjata BRN atau merupakan sebuah konspirasi dari aparat sendiri upaya menarikan dana negara.*/Putra Patani.

Comments

Red : Faizun Ibnihusen

Aktivis Indonesia (APPI)