Kalla Tegaskan Pentingnya Keikhlasan dalam Perdamaian

Turanisia – Wakil Presiden Jusuf Kalla menegaskan pentingnya keikhlasan dalam perdamaian. Bukan karena kepentingan politik maupun ekonomi.

Hal itu ditegaskan Kalla saat menerima gelar doktor kehormatan bidang sosiologi agama dari Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.  Kalla mendapat gelar itu  atas andilnya dalam mendamaikan sejumlah konflik.

“Perdamaian itu keikhlasan, kalau tidak ikhlas ya tidak jadi (damai). Jadi jangan harap doktor jangan harap politik, ekonomi, jangan,” kata Kalla di UIN Alauddin, Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis, 25 Januari 2018.

Kalla menegaskan, ada banyak pihak yang membantunya dalam mendamaikan masyarakat yang bertikai di daerah konflik. “Banyak teman-teman yang bekerjasama untuk mencapai perdamaian,” tambah dia.

Gelar doktor kehormatan ini merupakan yang pertama didapat Kalla dari Universitas Islam Negeri. Kalla menilai, pendekatan agama bisa digunakan dalam proses perdamaian. “Perdamaian itu kan ajaran Islam,” tukas Kalla.

Rektor UIN Alauddin Makassar, Musafir Pababbari mengatakan, pemberian doktor kehormatan tak muncul begitu saja. Tetapi melalui proses akademik yang serius dan mendalam.

Musafir menceritakan, Kalla berperan dalam perdamaian beberapa konflik di Indonesia, seperti Ambon, Poso, dan Aceh. Tak hanya bicara teori, Kalla terlibat langsung dalam proses perdamaian.

Sumber : metrotvnews.com

Red : Faizun Ibnihusen

Aktivis Indonesia (APPI)