Mahasiswa Muslim Thailand Memperingati 15 Tahun Pembantaian Massa di Selatan

Bangkok – Konfederasi Mahasiswa Muslim di Thailand melakukan aksi simbolik meperingati 15 peristiwa pembantaian massa di takbai sebagai cerminan proses peradilan Thailand masih mengalami masalah.

Konfederasi Mahasiswa Muslim Thailand menyelenggarakan acara di kawasan Skywalk, gedung seni dan kebudayaan Bangkok.

Peristiwa pembantaian massa di Takbai terjadi pada 25 Oktober 2004. Perkumpulan ribuan massa untuk menuntut pemerintah membebaskan 6 warga Patani yang ditahan terkait kasus kehilangan senjata.

Pembubaran demonstrans kali ini pemerintah memilih cara pembantaian yang mengakibatkan 85 orang para demonstran kehilangan nyawa, 7 orang kehilangan tanpa jejak dan ribuan terluka.

Pembubaran demonstrasi di Takbai sudah genap 15 tahun, keadilan dan tanggung jawab pemerintah atas peristiwa itu belum memuaskan.

Konfederasi Mahasiswa Muslim Thailand Menyatakan pelaksanaan kali ini sebagai bentuk komunikasi kepada publik dan pemerintah bahwa ada beberapa kasus yang belum tuntas, seperti kematian Billy bahkan upaya bunuh diri oleh seorang hakim di provinsi Yala.

Semuanya terkandung sebuah indikasi dalam proses peradilan negara Thailand masih mengalami masalah, peristiwa kerugian kerap kali di negara ini belum membuktikan keadilan./Juanda

Foto: The Standard

Red : Faizun Ibnihusen

Aktivis Indonesia (APPI)