Mahasiswa Patani di Jakarta Pemperingati Tragedi Takbai

Jakarta-Himpunan Pelajar Patani di Indonesia (HIPPI) mengadakan solat Hajat secara berjamaah, yang ditanggani khusus oleh Departemen Sosial dan Budaya, pada tanggal 25/10/2019.

Solat Hajat tersebut di hadiri seluruh anggota HIPPI secara beramai ramai, untuk partisipasi dan berkomitmen dalam acaran tersebut.

Setelah Solat Hajat, panitia pelaksanaan juga sempat mengadakan diskusi dan memutar video tentang tragedi Takbai. Yang di sampaikan oleh Zulkifli Mamah.

“Sudah genap 15 tahun tragedi Takbai dari tahun 2004 hingga sekarang. Pelanggaran HAM tetap saja terjadi di Masyarakat Muslim Patani” tutur Zulkifli Mamah senior HIPPI.

“Jangan ambil derita sedih dari Peristiwa ini menjadikan kita lemah,kita harus bangkit mencari solusi dengan tragedi ini.” tutur Ammar selaku mantan ketua umum HIPPI.

Tragedi Takbai adalah sebuah kasus pelanggaran HAM, yang terjadi di wilayah Takbai selatan Thailand. Yang mana masyarakat Muslim Patani melakukan demontrasi turun kejalan secara beramai ramai, untuk menuntut keadialan kepada pemerintah.

Selama peroses demontrasi berlaku, dengan secara tidak sadar terjadinya pelanggaran HAM berbentuk penyiksaan fisik sehingga ratusan nyawa terkorban dalam demontrasi tersebut.

Foto : HIPPI Jakarta

Red : Faizun Ibnihusen

Aktivis Indonesia (APPI)