Negosiasi Rasulullah dengan Kafir Quraisy

Nabi Muhammad memiliki kemampuan yang dikagumi dunia, beliau tidak hanya sebagai tokoh agama saja, namun dikenal juga sebagai tokoh masyarakat, kepala pemerintahan bahkan negosiator dalam diplomasi.

  

Sebagai contoh diplomasi Rasulullah SAW. yang pernah dilakukan dan telah membuktikan kejayaan umat Islam adalah perjanjian Hudaibiyah dengan Kafir Quraisy.

Hudaibiyah merupakan salah satu nama desa kecil terletak di bagian utara Makkah. Pada tahun 628 M. Kota Hudaibiyah menjadi pilihan karena dekat dan sangat mudah untuk menujunya.

 

Perjanjian Hudaibiyah terjadi karena Rasulullah dan kaum muslimin ingin melakukan ibadah umrah, kemudian diusir oleh kaum Quraisy. Ketika proses perjanjian dilakukan, terdapat banyak kendala karena kaum Quraisy menolak usulan dan kompromi dari Rasulullah SAW dan kaum Muslimin.

Selama proses dalam negosiasi Rasulullah SAW tidak sedikit mengalami kendala yang dicabar oleh kafir Quraisy, namun dengan bijak dan kepiawaian, Rasulullah menghadapi segala permasalahan dengan tenang dan terbuka.

 

Kesepakatan perjanjian Hudaibiyah telah ditetapkan.

  1. Pihak Nabi Muhammad SAW dan pihak Quraisy sepakat mengadakan gencatan senjata selama 10 tahun.
  2. Setiap orang diberi kebebasan bergabung dan mengadakan perjanjian dengan Nabi Muhammad SAW, atau dengan Kaum Quraisy.
  3. Kaum Quraisy yang berpihak kepada Nabi Muhammad SAW tanpa izin dari walinya harus dikembalikan. Sedangkan jika pengikut Muhammad bergabung dengan Quraisy tidak dikembalikan.
  4. Pada tahun ini (6 H/628 M) Nabi Muhammad SAW harus kembali ke Madinah. Tetapi pada tahun berikutnya,  Nabi Muhammad SAW dan pengikutnya diizinkan menjalankan ibadah haji, dengan syarat menetap di Makkah selama tiga hari dan dilarang membawa senjata.

Dalam peristiwa inilah kita mendapatkan Rasulullah SAW membuktikan dirinya sebagai diplomat, ahli negosiasi dengan visi yang jelas, mampu memprediksi apa yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan. Beliau tidak hanya sebagai tokoh visioner namun kemampuan praktis juga terkandung pada diri beliau. */Putra Patani

Refenrensi :

https://www.kompasiana.com/imaniarmiftachul/5db97777d541df33a07c6512/diplomasi-rasulullah-saw-melalui-perjanjian-hudaibiyah

http://islam-paripurna.com/2016/01/25/perjanjian-hudaibiyah/

Comments

Red : Faizun Ibnihusen

Aktivis Indonesia (APPI)

id Bahasa Indonesia